Salah satu rangkaian kegiatan dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) SMP Terpadu Darul Dakwah yang mengangkat tema Kelola Sampah Dengan Tindakan Kreatif dengan berKunjung langsung Ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang ada di Desa Kedungmaling yang tak jauh dari sekolah. Kegiatan ini diikuti semua peserta didik kelas 7, 8 dan 9 dengan didampingi Bapak dan Ibu Guru.
“Dengan kunjungan semua siswa mengunjungi TPS yang berbeda desa kedungmaling yang tak jauh dari sekolah supaya siswa tahu dan mengenal proses pengolahan sampah dengan baik.” ungkap guru pendamping bapak Dzakir.S.Pd.I, selaku Koordinator Pendamping Siswa.
Sebanyak 235 Siswa mengunjungi TPS Kedungmaling dengan jalan kaki sekaligus jalan sehat di pagi hari.
Adapun Pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMP Terpadu darul Dakwah, diisi dengan berbagai kegiatan yang sesuai dengan prinsip P5 itu sendiri. Ada beberapa contoh kegiatan P5 di SMP Terpadu darul Dakwah yang bisa menginspirasi. P5 adalah proyek yang dilakukan dengan menanamkan karakter pada pribadi peserta didik berdasarkan nilai-nilai Pancasila. P5 berupaya menjadikan peserta didik sebagai penerus bangsa dan negara yang unggul dan produktif. Serta dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkesinambungan.
Perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama :
- Beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia
- Berkebinekaan global
- Bergotongroyong
- Mandiri
- Bernalar Kritis
- Kreatif
Hal ini dapat dibangun melalui budaya keseharian di sekolah, dimulai dari pembelajaran intrakurikuler, proyek penguatan (kokulikuler) dan kegiatan ekstra kurikuluer. (Guru Inovatif).
Upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila adalah melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Ini sebagai bentuk implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dengan tujuan menguatkan karakter siswa. Banyak tema yang ada di Kurikulum Merdeka, salah satunya yang sudah ditetapkan oleh Kemendibudristek yaitu Gaya Hidup Berkelanjutan. Tema ini dimaksudkan agar siswa sadar dan memberikan contoh serta ada perubahan perilaku terhadap pola hidup yang baik dengan kesadaran terhadap lingkungan.
1. Visi pendidikan Indonesia adalah mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya pelajar Pancasila.
Sementara Profil Pelajar Pancasila mendukung visi tersebut dengan menjadikan Pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Kegiatan P5 di SMP Terpadu darul Dakwah dilansir dari beberapa sumber, berikut contoh kegiatan P5 di Sekolah Menengah Pertama ( SMP ) yang bisa menginspirasi. 1. Kegiatan P5 dilakukan dengan melaksanakan tema gaya hidup berkelanjutan. Yaitu, pembuatan pupuk bokasi yang dimulai dari pemisahan sampah organik dan anorganik sampai pada pengolahan sampah organik menjadi pupuk bokasi.
2. Kegiatan P5 juga bisa mengambil tema kewirausahaan.
Dengan Pelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka Belajar, diharapkan para pelajar dimulai dari tingkat sekolah dasar hingga tingkat SLTA, menjadi manusia unggul dan maju namun tetap mengedepankan nilai-nilai karakter bangsa dengan Pancasila sebagai dasar dan pijakannya, sehingga bangsa Indonesia yang selama ini menjunjung tinggi adat ketimuran, tetap menjaga etika dan karakter bangsa yang disegani kawan maupun lawan.
Banyak manfaat yang diperoleh dengan adanya kunjungan belajar ke TPS kedungmaling, salah satu siswa peserta didik belajar bagaimana mengolah sampah dengan benar. Mereka dikenalkan dengan pengolahan sampah menjadi pupuk kompos, bahkan menjadi suatu produk yang mempunyai jiwa seni dan daya jual yang menarik.
Ilmu dapat diperoleh darimana saja. Bagaimana kita memanfaatkan ilmu yang diperoleh tersebutlah yang akan membuatnya menjadi manfaat dan berguna untuk sesama. Mari bersama kelola sampah dengan tindakan kreatif.
Penerimaan Peserta Didik Baru

Program murid Inden 2025-2026