Siswa SMPTDD Kelas 7 |
Sekolah juga tetap memfasilitasi bagi
siswa yang berminat menekuni seni tari atau berprestasi secara serius.
orientasi melahirkan siswa berprestasi dibidang tari, piawai menari bahkan bisa
saja dikemudian hari menjadi pekerja seni tari yang profesional.
Tari diberikan dengan memperhatikan berbagai
pertimbangan karakteristik seperti karakter gerak fisik. tari memilih gerak,
beberapa hal harus disesuaikan dengan fungsi dan kondisi fisik siswa, hal
tersebut mempertimbangkan jika siswa memiliki keterbatasan kemampuan tubuh.
Bagaimana keseimbangan jasmaninya
apakah sudah mantap, apakah sudah bisa meloncat atau berputar, naik turun,
melempar, menunduk, memegang properti dengan benar, menangkap.
Gerak fisik anak di dalamnya juga mengajari
siswa untuk belajar mengkordinasikan seluruh tubuhnya menjadi seimbang dan
seirama. Misalnya antara gerak mata, tangan, kaki dan leher harus seirama.
Siswa SMKPDD Kelas 11 |
Dalam tari pendidikan pembelajaran eksplorasi
gerak motorik halus dan kasar diberikan secara bertahap dan terstruktur.
Seorang guru harus mampu memilih gerakan yang sesuai dengan usia siswa sehingga
motorik siswa akan tumbuh dengan baik.
Gerak tari harus lebih banyak melibatkan
siswa dan harus sesuai dengan karakter fisik siswa. Teba gerak dalam tari
pendidikan berbentuk sederhana, mempunyai makna dan tematik, dan cenderung
bersifat imitatif yakni
meniru gerak keseharian orang-orang dilingkungan sekitar.
Dalam mengembangkan materi pelajaran seni
tari prinsip pertama yang perlu dipertimbangkan adalah aktivitas pembelajaran
seni tari harus menarik. Karena seni tari masuk pada ranah seni
pertunjukan maka unsur yang paling mendasar adalah gerak oleh sebab itu gerakan
tari harus menarik.
Susunlah gerak tari yang akrab dengan
karakter dan kemampuan tubuh. Ya kalau untuk anak Sekolah Dasar sebaiknya
dikemas dalam bentuk permaianan. Permaianan yang sehari-hari biasa dilakukan
seperti gerak berputar, melompat, berjalan, jongkok, berguling. Coba
sesekali siswa diperdengarkan lagu anak, dirangsang dengan musik yang
akrab dengan telinga, biasanya langsung merespon melakukan improvisasi atau
gerak spontan, maka selanjutnya tugas guru mengeksplorasi dan membentuknya
dengan proses stilisasi atau penghalusan gerak dasar menjadi gerak
indah.
Penerimaan Peserta Didik Baru

Program murid Inden 2025-2026